Kades Randupitu Terpilih Wakili Pasuruan Program Village Head Benchmarking ke China

img 20240912 wa0008

Pasuruan, pasuruannews – Salah satu kepala desa di Pasuruan diundang untuk mengikuti kegiatan Village Head Benchmarking Program di Cina.

Advertisement

Kepala Desa Randupitu, Kecamatan Gempol, Mochammad Fuad terpilih sebagai salah satu dari 14 Kades di Indonesia yang akan mengikuti Program Village Hand Benchmarking batch 4 pada tanggal 18-28 September 2023.
Program ini merupakan program Pemerintah Kementrian Desa, Pembangunan Daerah tertinggal dan Transmigrasi RI.

Terpilihnya Fuad bukan tanpa alasan melainkan banyak prestasi dan kemajuan yang diraih oleh Desa Randupitu dibawah kepemimpinannya.

Baca juga:  Presiden Jokowi Didampingi Forkompimda Jatim Tinjau Pelaksanaan Vaksinasi Door To Doorm

Menurut Andriyanto selalu PJ Bupati Pasuruan ” Village Head Benchmarking merupakan program Kemntrian Desa Tertinggal dan Transmigrasi. Program ini dikhususkan untuk kepala Desa yang dianggap berhasil dalam membangun desanya dari beberapa aspek. Salah satunya penetapan APBDes yang tepat waktu, serta pengelolaan sampah yang bukan hanya zero waste namun memberikan kontribusi pada Pendapatan Asli Daerah (PAD), makanya terpilih. Ujarnya

Andriyanto mengajak Kepala Desa lainnya untuk bisa meniru keberhasilan dari Desa Randupitu tersebut, karena setiap desa memiliki potensinya sendiri-sendiri. Dan yang tahu adalah Kadesnya. Mengapa Kepala Desa itu harus inovatif, karena untuk kemajuan desa yang dipimpinnya. Tambahnya.

Baca juga:  Forkopimda Jatim Pastikan SOP Dijalankan Ditempat Isolasi Daerah Asal PMI

Seluruh pembiayaan perjalanan dan akomodasi selama Village Head Benchmarking Program berlangsung ditanggung Pemerintah China.

Sementara itu Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Pasuruan, Ridho Nugroho menjelaskan, selama di Negeri China seluruh kades akan melaksanakan studi tiru ke berbagai tempat, diantaranya Pasar Grosir Pertanian Xinfadi, Pusat Pengembangan Teknologi Pedesaan China, Pusat Perdagangan Dunia Bairong hingga mengunjungi Desa-desa di Huairou yang terkenal akan sentra peternakan ayam, produksi Sayuran dan Produksi Pertanian serta tempat lainnya. Para kades juga akan diajak ke Tembok Besar China. Termasuk pusat penelitian dan penangkaran Panda Raksasa di Cheng Du. Jadi Full kegiatanya. Jelasnya. (Wul/Red)

Pengaduan via WA?