Dinas Sumber Daya Air (SDA) Kabupaten Pasuruan Gerak Cepat Bersihkan Sisa Material Yang Menyumbat Jembatan Disungai Winongan

db43b2a2 b86c 4a64 9633 822491481849 1

PASURUAN,pasnews.com- Banjir yang melanda sejumlah desa di wilayah Kecamatan Winongan, Kabupaten Pasuruan, masih belum surut hingga hari Minggu (10/3/2024) siang ini.

Tim dari Dinas Sumber Daya Air (SDA) turun langsung dengan alat berat untuk membersihkan sisa material yang menyumbat jembatan sungai di Winongan.

Advertisement

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pasuruan, Sugeng Hariyadi menjelaskan, upaya penanganan telah dilakukan dengan menurunkan alat berat dari Dinas Sumber Daya Air (SDA) untuk membersihkan sumbatan tersebut.

Menurut Sugeng, saat banjir terjadi, Sabtu (8/3/2024), air dari hulu sungai sangat deras dan membawa material kayu yang menyumbat jembatan di Kecamatan Winongan.

Baca juga:  Percepat Vaksinasi Covid-19, Polres Bangkalan Vaksin Keliling Pakai Baju " Sakera Marlena "

“Kami berkoordinasi dengan dinas SDA untuk segera membersihkan sumbatan tersebut guna menghindari luapan air yang lebih parah,” ujar Sugeng.

Ia menambahkan, BPBD Kabupaten Pasuruan dan Dinas Sosial telah mendirikan dapur umum sejak kemarin malam untuk menyuplai makanan kepada warga yang terdampak banjir.

“Kami juga mendirikan dapur umum di desa-desa yang terkena dampak banjir,” imbuh Sugeng.

Di Kabupaten Pasuruan, wilayah yang terdampak banjir, meliputi 3 kecamatan. Meliputi Kecamatan Winongan, Grati, dan Rejoso.

Pantauan di lokasi, meskipun banjir di wilayah Winongan mulai surut, namun masih ada beberapa wilayah yang tergenang air. Warga setempat pun sibuk membersihkan sisa material lumpur.

Baca juga:  PPWI Kabupaten Pasuruan Jawa Timur Mengecam Keras Atas Ditahannya Ketum PPWI

Banjir ini merupakan banjir susulan dengan lumpur yang lebih banyak dibandingkan sebelumnya. Ketinggian air mencapai 30 hingga 100 sentimeter lebih.pungkasnya (adh)

Pengaduan via WA?