Babinsa 05/Grati Bersama Stakeholder Tangani Bencana Alam

img 20211208 wa0192

PASURUAN,pasnews.com – Di dalam isi UU No. 24 Th. 2007 menerangkan bahwasannya Bencana adalah rangkaian peristiwa yang mengancam dan mengganggu kehidupan dan penghidupan masyarakat yang disebabkan oleh faktor alam atau faktor non alam maupun faktor manusia sehingga mengakibatkan timbulnya korban jiwa manusia, kerusakan lingkungan, kerugian harta benda, dan dampak psikologis lainnya.

Berbagai macam bencana alam akan sering kita jumpai terutama pada saat musim penghujan. Seperti yang kita ketahui saat ini, akibat turun hujan deras disertai angin puting beliung mengakibatkan jalan macet dan pohon tumbang dikanan kiri jalan diwilayah binaan Koramil 0819/05 Grati.

Advertisement

Bencana Alam tersebut terjadi pada Selasa, 7 Desember sekira pada pukul 18.30 WIB tepatnya di Lingkungan Kampung Baru RT.02 RW.04 dan Jalan Raya Kampung Baru Kelurahan Gratitunon. (Rabu, 8/12/2021).

Baca juga:  Ikuti Upacara Ziarah Dalam Rangka HUT TNI Ke-76, Wakapolda Jatim sempatkan Tinjau Vaksinasi Di Kota Blitar

Dampak bencana alam diwilayah teritorial Koramil 0819/05 Grati tersebut segera mendapatkan tindakan lanjutan penanganan oleh Danramil 05/Grati Kapten Inf. Puji Wiratno, SH., dan dari stakeholder setempat diantaranya peran serta anggota Babinsa Koramil 05/Grati, Bhabinkamtibmas Polsek Grati, anggota BPBD Grati. Setibanya bantuan datang dari beberapa instansi terkait selanjutnya bersama-sama melaksanakan pemotongan pohon yang melintang di jalan.

Adapun kerugian personil dalam bencana alam terbesar tidak ada alias nihil. Sedangkan kerugian bangunan, diantaranya pagar tembok warga roboh, begitu pula teras rumah warga rusak ringan dikarenakan tertimpa pohon tumbang. Pemilik rumah yang tertimpa bencana yaitu Bapak Suhud, tempat tanggal lahir Lamongan, 12 Agustus 1971, Alamat: Lingkungan Kampung baru Rt. 02/Rw.04 Kelurahan Grati Tunon Kecamatan Grati Kabupaten Pasuruan.

Baca juga:  Polres Pasurusan Kota Berhasil Menangkap Dua Warga Asing Tersangka Kasus Skimming

Tidak hanya itu, akibat hujan deras pada malam itu juga sampai dengan pagi dini hari sekira pukul 04.00 WIB terjadi genangan air dipemukiman warga yang diakibatkan meluapnya sungai rejoso.

Adapun beberapa lokasi (Dusun) terdampak genangan air akibat meluapnya sungai rejoso sebanyak 59 KK di Desa Kedawung Kulon Kecamatan Grati meliputi Dusun Magersari dengan ketinggian air di pemukiman warga hingga 20 cm. Untuk kerugian personil dan material untuk sementara hasil pantauan dari Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 0819/05 Grati sementara tidak ada atau nihil.(AN)

Pengaduan via WA?