Program GMDM Dpd Provinsi Jawa Timur Kunker Di Rumpin Juanda Cendekia Sidoarjo

img 20210314 wa0208

SIDOARJO,pasuruannews.com- Alhamdulillah berjalan lancar dan Sukses program GMDM DPD PROVINSI JAWA TIMUR ,Bidang Pendidikan Kunjungan ke RUMAH PINTAR Cendekian Juanda Sidoarjo , Jl. Raya Bandara Juanda Kepuh Betro Kec.Sedati Kab.Sidoarjo ( 14/3).
Giat Kunker direspon sangat baik sekali oleh ketua Rumpin Cendikia Juanda , Marsudi ,Spd.MM beserta Jajarannya.
Hadir Ketua GMDM DPD Provinsi Jawa Timur, Wakil Ketua, Wakil Ketua Bidang Divisi Pendidikan, Kadiv Pendidikan, Kadiv SDM, Kadiv Usaha & Koperasi beserta jajarannya, Divisi Sosial, Divisi Humas.

Rumah Pintar Cendekia Juanda adalah sarana Edukasi & Rekreasi , diantaranya Edukasi Cocok Tanam, Edukasi Belanja, Wawasan Kebangsaan, Budaya Literasi, Pengenalan pemanfaat Teknologi, Mengasah minat dan bakat di bidang seni ( menari, melukis, menyanyi, dll), Sejarah Perkembangan TNI AL, Permainan Out bond dan Flying Fix, Permainan Tradisional, Menyaksikan Loading dan Take Of Pesawat, Menaiki Pesawat TNI AL Lanudal, Museum Penerbangan.

Advertisement

Rumpin memiliki lima sentra, diantaranya Sentra Baca , Sentra Karya, Sentra Komputer, Sentra Kriya, Sentra Panggung.

Baca juga:  MIO Indonesia Dukung Diskusi Virtual, Menelisik Kejahatan Elektronik Dalam Bursa Berjangka Yang Digelar P3S

” Kami sangat respon sekali dengan adanya kunjungan GMDM DPD Provinsi Jawa Timur, banyak yang akan disinergikan untuk Edukasi Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba dengan memberikan Sosialisasi rutinitas pada para pengunjung dari usia dini sampai usia lanjut.” Sambut Marsudi selaku ketua Rumah Pintar dan juga Kadiv Pendidikan GMDM DPD Provinsi Jawa Timur.

Awal kegiatan Kunker di pandu Ketua Rumpin beserta team ke Museum Pusat Penerbangan TNI Angkatan Laut Juanda ( PUSPENERBAL), dengan difasilitasi Bus TNI AL.

“Generasi penerus bangsa adalah anak-anak yang dapat bertahan hidup mandiri dan berbudi luhur. Sebagai penerus bangsa, anak-anak harus dapat tumbuh dan berkembang menjadi manusia dewasa yang sehat jasmani, rohani, berpendidikan, bermoral, dan memiliki akhlak yang terpuji. Untuk mewujudkan kondisi yang diinginkan, perlu adanya kasih sayang dan pembinaan yang tepat. Namun, masih banyak anak-anak yang kurang beruntung dalam mendapatkan kebutuhan tersebut. Golongan anak-anak yang kurang beruntung tersebut, pendidikan yang tertinggal misalnya anak-anak putus sekolah dan anak jalanan . Maka dari itu, anak-anak tersebut diberi wadah untuk memenuhi kebutuhan yang tidak mereka dukung dalam keluarga. Sebagai contoh, kegiatan yang mendukung untuk melatih anak-anak untuk hidup mandiri dan adanya bimbingan dari para relawan sangat diperlukan dalam kegiatan sehari-hari. Relawan GMDM DPD/ DPW Provinsi Jawa Timur bisa melaksanakan pendampingan untuk melihat kegiatan anak-anak Rumah Pintar yang terdiri dari anak-anak pendidikan tertinggal , yang dibimbing langsung oleh para relawan, untuk melatih kemandirian mereka agar mereka dapat meninggalkan kehidupan negatif,” Papar Yayuk Ketua GMDM DPD Provinsi Jawa Timur.

Baca juga:  PB HMI Apresiasi Kinerja Presiden RI

” Memfasilitasi dan mendampingi anak-anak pendidikan yang tertinggal dengan membekali berbagai pelatihan , menciptakan lapangan pekerjaan dan tempat kursus agar mereka dapat hidup lebih baik dan meninggalkan kehidupan negatif. Kegiatan yang dilaksanakan di Rumah Pintar merupakan kegiatan rutin sebagai sarana untuk melatih kemandirian anak-anak dampingan dan bertujuan untuk mengembangkan bakat serta minat sesuai dengan kemampuan anak-anak dampingan. Rumah Pintar memiliki fungsi untuk melatih, mengembangkan, dan memberikan hal-hal berharga bagi anak pendidikan yang tertinggal , seperti keterampilan usaha, bakat, minat, pendidikan untuk anak usia 4-6 tahun yang disebut kelompok bermain, pendidikan untuk anak usia 7-12 tahun disebut kelompok belajar, dan perpustakaan. Kegiatan di Rumah Pintar dapat terlaksana dengan baik dengan jumlah relawan yang mencukupi, program terencana dengan baik, dan jadwal juga tertata dengan baik. ” lanjut Yayuk .

Baca juga:  Elza Syarief Dan Pitra Romadoni Nahodai PERHAKHI

Sinergitas Rumah pintar merupakan bagian dari 17 Langkah Program GMDM DPD Provinsi Jawa Timur, berbagai kegiatan tersebut salah satu upaya pencegahan penyalahgunaan peredaran gelap narkoba. ( MSt/ Hfd)

Pengaduan via WA?