Pemkab Pasuruan Gelar Festival Durian 2024, Ayo Buruan Hadir…!!

img 20240217 wa0491

PASURUAN,pasnews.com-Pemerintah Kabupaten Pasuruan menggelar Festival Durian 2024,festival tersebut digelar di sentra produk unggulan kabupaten Pasuruan, bangkodir bangil mulai 17 s/d 23 pebruari 2024, dibuka pj bupati Pasuruan, sabtu (17/02/2024)

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Pasuruan, Eka Wara Brehaspati mengatakan, sebanyak 50.000 buah durian dari 8 kecamatan penghasil durian di Kabupaten Pasuruan akan didatangkan. Dalam fistival durian ini yang diperjual belikan seluruhnya produk lokal khas Kabupaten Pasuruan. Mulai dari durian khas Kecamatan Lumbang, Purwosari, Purwodadi, Tutur, Puspo, Prigen, Sukorejo dan Pasrepan.terangnya

Advertisement

Perihal harga, Pemkab Pasuruan menurut Eka memastikan bahwa durian-durian yang diperjual belikan dijual dengan harga standart. Bahkan para penjual diminta untuk menurunkan harga durian, sebab hingga kini stok durian masih melimpah (panen raya.)

Festival durian ini dihadiri, PJ. Bupati Pasuruan, Ketua DPRD Kabupaten Pasuruan, Kepala Dinas Pertanian Provinsi Jawa Timur, Kepala Disperinda Provinsi Jawa Timur, Kepala Dinas Pariwisata Jawa Timur

Baca juga:  Kapolresta Mojokerto Ikrar Pelayanan Terbaik Kepada Masyarakat Dalam Safari Jumat

Juga dihadiri Forkopimda Kabupaten Pasuruan, Kapolres Pasuruan, Kejaksaan Negeri,Para Camat dan Kepala Desa sekabupaten Pasuruan.

Dalam sambutannya, Pj. Bupati Pasuruan, Dr. Andriyanto, SH.,M.Kes menyampaikan, ini luar biasa sekali melihat tanaman durian satu pohon bisa berbuah sampai 700 buah. Memang di tahun 2024 ini, betul-betul rejeki berkah bagi para petani durian

Pj bupati juga memerintahkan kepada UPD-UPD, selama tanggal 17 sampai 23 Februari 2024 festival durian, Kepala UPD harus menggerakan seluruh staf dan karyawannya untuk datang ke Bangkodir di Bangil agar meramaikan kegiatan tersebut.

Pj. Bupati Pasuruan, Dr. Andriyanto, SH.,M.Kes mengatakan, bahwa Dinas Pariwisata menyampaikan wisatawan mencapai 1.740.042 orang. 10.084 Wisatawan Mancanegara, dan 1.000.360 Wisatawan Domestik. Artinya festival durian di dalam agenda Dinas Pariwisata Kabupaten Pasuruan, itu betul-betul mendapatkan wisatawan yang luar biasa.

Baca juga:  Perkara Hasbullah, Segera Naik Penyidikan

Selanjutnya, dengan berlangsungnya festival durian 2024 tersebut, secara simbolis Sentra Produk Unggul Bangkodir diresmikan.

“Ini adalah festival durian yang pertama di tahun 2024, beberapa Kecamatan hadir disini. Saya bersama Forkopimda Kabupaten Pasuruan sudah merasakan durian tersebut dan mempunyai rasa yang khas,” tuturnya.

Lanjut..Ungkap Ketua DPRD Kabupaten Pasuruan sudiono fauzan meski rasanya beda nilainya tetap sama diatas delapan,” terangnya.

Dalam kesempatan itu pula, Pj Bupati Pasuruan, Dr. Andriyanto, SH.,M.Kes bersama Forkopimda Kabupaten Pasuruan menyempatkan dirinya mencicipi durian yang telah disediakan di tempat pasar rakyat tersebut.

Baca juga:  Ratusan Motor Knalpot Brong Diamankan Polisi, Kabid Humas Polda Jatim, Demi Terpeliharanya Kamtibmas

“Memang luar biasa, dan juga kebetulan festival durian 2024 ini diramaikan dengan pasar rakyat, hiburan dan sebagainya dari Kabupaten Pasuruan

Dikesempatan itu pula, PJ. Bupati Pasuruan meminta kepada wartawan untuk membreanding atau mensosialisasikan festival durian dari tanggal 17 hingga 23 Februari 2024, mulai pukul 09.00 pagi sampai 22.00 WIB malam dan terus untuk meramaikan.

“Semua lokal, ini hasil dari lokal untuk masalah jenis kita tidak faham, yang jelas kualitas tetap ada sedangkan untuk rasa durian sudah ada khasnya sendiri, mulai manis, sedang, manis pahit,” terannya.

Pj Bupati Pasuruan, Dr. Andriyanto, SH.,M.Kes juga menambahkan, tentunya ini akan berkembang. Saya ingin nantinya seperti pasar Cheng Ho, dan banyak yang bisa hadir, karena posisi Bangil ini sangat strategis.pungkasnya (adh).

Pengaduan via WA?