Desa wedoro Gelar Seni dan Budaya dalam rangka HUT RI ke 79 dan Hari Jadi Kabupaten Pasuruan ke 1095.

Pasuruan – pasuruannews.com.

Desa Wedoro, Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan, menggelar Karnaval Seni dan Budaya Dalam rangka HUT RI ke 79 dan menyambut Hari jadi Kabupaten Pasuruan ke 79,dengan tajuk ” Perjuangan dan Adat Istiadat Budaya,Minggu 22-09-2024.

Advertisement

Kepala Desa Wedoro Jupri,menyampaikan
bahwa kegiatan ini diadakan tiap tahun dan sebagai ajang kreatifitas dan motivasi serta dapat memberi inspirasi kepada seluruh jajaran pemerintahan Desa beserta lembaga Desa, juga kawula muda yang tergabung dalam wadah karang taruna agar lebih menguatkan jiwa nasionalisme, patriotisme dan rasa gotong royong.
Disamping itu sebagai wujud nyata untuk mengenang dan menghargai jasa para pahlawan yang telah rela mengorbankan jiwa raga nya demi Kemerdekaan Republik Indonesia. pungkasnya .

Salah satunya Dusun Sentir, peserta memakai beberapa baju adat dan menampilkan drama theaterikal perjuangan, yang begitu epic sehingga mendapatkan standing applause dari para penonton.

Pak minto, salah satu juri karnafal dari sanggar Wahyu Ginurit, Dusun Sukun, Kecamatan pandaan menyatakan bahwa penilian kali ini berdasarkan beberapa kategori, yang pertama tema perjuangan, Kedua Baju Adat, Ketiga Kretifitas Peserta.

“Team juri akan melakukan penilaian Temanya harus tepat, unsur adat istiadat, dan kreatifitas peserta, adanya aksi theatrikal perjuangan dan baju adat ini, sudah sesuai dengan penyelenggaraan Karnaval di Deaa Wedoro,” ungkapnya.

Sugeng Prayitno ( 46 tahun ) salah satu tokoh masyarakat dari Dusun Sentir, Desa Wedoro, saat di temui awak media PasNews menjelaskan bahwa  pelaksanaan Karnaval, yang sudah ada, lebih nenonjolkan kemeriahan musiknya aja, akhirnya tema perjuangan dan budaya tersingkirkan oleh kemeriahan musik Horeegg.
“Pentingnya Karnaval bertemakan perjuangan bangsa Indonesia ini, agar kita semua bisa mengingat kembali bahwa, para pejuang dahulu tidaklah mudah dalam memperjuangkan Kemerdekaan negara kita ini,” ujarnya.

Perayaan Karnaval di Desa wedoro berlangsung meriah dan sukses, aksi theaterikal peserta karnaval membuat para penonton terharu, para penonton standing applause, serta ada beberapa dari penonton histeris,  terharu menangis melihat theaterikal dalam pelaksanaan Karnaval di Desa Wadoro.
Kegiatan ini berjalan lancar dan aman saling menjaga keamanan.( HR )

TIM Redaksi

Recent Posts

Pengambilan dan Penetapan Nomer Urut Paslon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Pasuruan dalam Pilkada serentak 2024

PASURUAN - pasuruannews.com. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pasuruan menggelar sidang pleno terbuka untuk pengundian…

9 jam ago

Presiden Jokowi Apresiasi TNI-Polri Atas Kebebasan Pilot Susi Air

Jakarta - pasuruannews.com Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan bahwa pembebasan Pilot Susi Air, Kapten…

3 hari ago

Ketua DPC Brikader Gus Dur Kabupaten Pasuruan menggelar Bangil Carnaval Akbar ( BCA) dalam Rangka Hari Jadi Kabupaten Pasuruan ke 1095.

Pasuruan -  pasuruannews.com Pemerintah Daerah Kabupaten Pasuruan dalam rangka memperingati Hari Jadi ke-1095 tahun menggelar…

5 hari ago

Sosialisasi Pelatihan dan Pengukuhan Relawan Pemadam Kebakaran  Kabupaten Pasuruan ( redkar ) 2024.

Pasuruan,Pasuruannews.com -Pemerintah Kabupaten Pasuruan dibawah naungan Satuan Polisi Pamong Praja ( Satpolpp ) menggelar pengukuhan…

5 hari ago

Dandim 0819 Pasuruan Letkol Noor Iskak mengahadiri Upacara Peringatan Hari Jadi Kabupaten Pasuruan ke-1095

PASURUAN – pasuruannews.com Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasuruan menggelar upacara peringatan hari jadi yang ke-1095 pada…

6 hari ago

Camat Pandaan Basmi S.Pd.Mm menerima Penghargaan Pj Bupati Pasuruan di Hari Jadi Kabupaten Pasuruan ke-1095.

PASURUAN – pasuruannews.com Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasuruan menggelar upacara peringatan hari jadi yang ke-1095 pada…

6 hari ago