Wajah Baru Pimpinan Komisi Di DPRD Kabupaten Pasuruan

img 20220306 wa0375

PASURUAN.Pasnews.com – Wajah baru pimpinan komisi dan harapan kekuatan menjelang Pilbub 2024 di DPRD kabupaten Pasuruan. Ke empat pimpinan yang termasuk AKD (alat kelengkapan dewan) berubah dan pimpinan sebelumnya kini menjadi anggota DPRD biasa hal ini terungkap dalam rapat paripurna, Sabtu (5/3/22).

Kini, Kursi ketua komisi 1 diduduki Sugiarto (Golkar), wakil yakni Agus Suyanto (PKB) serta sekretaris, Arifin (PDI Perjuangan). Seperti prediksi sebelumnya Komisi 2 akhirnya dipegang Fauzi (Gerindra) dan Jaelani (Demokrat, Hanura, PKS), sebagai wakil ketua serta Samsul Hidayat (PKB) menjadi sekretaris.

Advertisement

Komisi 3 dijabat Ruslan (PDI P). Wakil Mahdi Haris (Golkar) yang sebelumnya diisukan akan menjabat sebagai ketua komisi 1 untuk menggantikan Kasiman Dan untuk sekretaris dipegang Yusuf Danial (PKB).

Baca juga:  HUT Brimob Ke-76, Kapolri : Kita Harus Ingat Pesan Bung Karno Warisi Apinya Jangan Abunya

Komisi 4 dipegang Shobih Asrori (PKB). wakil ketua Hj. Salamah untuk posisi sekretaris diamanatkan pada Zakaria (Gerindra).

“Ini merupakan bentuk kebersamaan dan kekompakan. Agar legislatif lebih produktif dalam memperjuangkan aspirasi masyarakat,” kata Sudiono Fauzan sang ketua DPRD Kabupaten Pasuruan.

Perubahan jabatan Ketua juga terjadi pada Bapemperda yang mulai hari ini dipegang Saad Muafi (PKB). Sedangkan ketua BK dijabat Saifullah Damanhuri. Menurut Dion, Tidak ada koalisi peci (perlawanan Raci) di DPRD Kabupaten Pasuruan.

Sebelumnya, jajaran AKD diisi oleh PDI Perjuangan, Gerindra, Nasdem, PPP dan gabungan (PKS, Hanura, Demokrat). PKB dan Golkar tidak menempatkan wakilnya di AKD, Kecuali jabatan di Ketua DPRD Kabupaten Pasuruan (PKB).

Baca juga:  Bakesbangpol Provinsi Jatim Gelar Kegiatan Pemahaman Etika Politik Yang Santun Untuk Generasi Muda

Komisi I DPRD Kabupaten Pasuruan sebelumnya dijabat DR. Kasiman (F-Gerindra) sebagai ketua dan Abu Bakar (F-PDI P), selaku wakil ketua serta Eko Suryono (Nasdem). Sementara di Komisi II, ada Joko Cahyono (Nasdem) sebagai ketua, Jaelani (F-Demokrat, Hanura, PKS) sebagai wakil ketua dan Elyas (Gerindra) selaku sekretaris.

Komisi III, Saifullah Damanhuri (PPP) selaku ketua. Serta Juriyanto (Gerindra) selaku wakil ketua dan Muhammad Zaini (PDI Perjuangan) sebagai sekretaris. Sedangkan Komisi IV, ada nama Ruslan (PDI Perjuangan) yang didapuk ketua, pada periode sebelumnya.

Baca juga:  Rapat Koodinasi Dan Sosialisasi Penguatan Tugas Dan Fungsi Komite Komunikasi Digital (KKD) Kabupaten Pasuruan 2023

Sementara jabatan wakil, dipegang oleh Gus Halim Jazim (Nasdem). Dan untuk sekretaris, disandang oleh M. Zaini (PKS,Hanura, Demokrat). Begitupun Bapemperda dan BK. Untuk jabatan ketua Bapemperda, sebelumnya dipegang Eko Suyono (PDI P). Sedangkan Ketua BK, awalnya diduduki oleh M. Sholeh (Gerindra).

“Jabatan pimpinan AKD, dirancang secara proporsional untuk kemaslahatan. Tidak ada fraksi yang ditinggalkan. koalisi yang ada saat ini lebih pada Pasuruan Maslahat. “Silahkan analisa sendiri,” tutur Dion. (AN)

Pengaduan via WA?