Sejuknya Wisata Candi Sumber Tetek Di Wonosunyo Gempol Pasuruan

img 20210314 wa0186

PASURUAN.pasuruannews.com – Pasuruan di kenal dengan sebutan kota santri yang memiliki banyak kawasan wisata, salah satunya wisata bersejarah yaitu candi sumber tetek (belahan) yang terdapat dan berlokasi di desa wonosunyo kecamatan gempol. Minggu (14/03/2021)

Candi sumber tetek ini merupakan peninggalan kerajaan majapahit yang konon katanya di jadikan padusan atau tempat mandi kendedes. Dan masyarakat berasumsi air yang keluar dari candi sumber tetek ini bisa awet muda, menyembuhkan penyakit ghaib dan sebagainya. Banyak wisatawan juga yang membawa botol aqua dan di isi dengan air yang keluar dari sumber tetek tersebut.

Advertisement

Terdapat 2 patung wanita di candi sumber tetek ini. Dan kolam berukuran kurang lebih 4×6 meter yang berisi ikan jenis koi serta ikan jenis lainnya yang berukuran mulai kecil sampai besar. Air yang keluar dari payudara patung ini begitu segar dan sejuk.

Baca juga:  Keluarga Besar Sariyono Bukber Di Warung Alas

Wisata candi sumber tetek ini di kelola oleh dinas perhutani dan adapun larangannya yaitu tidak boleh membawa ikan yang berada di dalam kolam serta di larang mandi kecuali untuk acara ritual. Wisata ini terbilang cukup murah karena tidak ada tiket masuk, hanya saja membayar parkir sepeda Rp. 3.000,- .(AN)

Pengaduan via WA?